Senin

Free Tool Video Tutorial terbaik menurut saya

Sebagai developer, memberikan tuntunan dan after sales service bagi para user aplikasi kita, adalah hal yang mutlak. Caranya pun macam-macam, bisa dengan membuatkan help dengan file chm atau pdf, membuat readme.txt di folder aplikasi, atau bahkan memberikan pelatihan secara langsung.

Salah satu yang terpenting, adalah membuatkan video tutorial. Dengan video, ratusan kata yang musti kita tulis dan memakan waktu berjam-jam dapat diselesaikan dengan video yang lebih memberikan visualisasi yang lebih jelas, menghemat waktu dan tenaga.

Untuk memberikan kualitas yang baik, tentunya video tool yang kita pakai harus mumpuni juga. Agar bisa memberikan hasil dengan kualitas yang tidak mengecewakan. Dan... ups! Harus gratis! Kenapa? hehehe, bagi Anda developer yang sudah punya nama dan omzet M-M an tentu bukan masalah, namun bagi perintis dan newbie seperti saya, wajib pake gratis. Sehingga mengurangi ketergantungan pada yang propietary. So, besok kalo udah mampu dan kaya, utang untuk membeli lisensi dari tool-tool yang kita pake bajakannya sehari-hari tidak terlalu banyak. Saya yakin para produsen-produsen software yang seperti Mikocok dan Ember Kado Lo, tau dan mengerti nasib developer spt kami ini... hiks.. hikss... hiks... huaaaaa!

So, pake aja
Blue Berry Flash Back Express 

Shortcut nya:



Nah, hasil output avinya buagus kualitasnya, namun gede banget. Untuk mengecilkannya, pake

DivXhttp://download.cnet.com/DivX/3000-13632_4-10062728.html

setting outputnya




menurut saya, lebih baik daripada CamStudio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

# semua file unduhan pada blog ini dikompress menggunakan zip, 7-zip 32bit, atau 7-zip 64bit