Sabtu

Code Typhon 2.80 Released

Tanggal 29 Juli 2012 Code Typhon 2.80 resmi dirilis oleh Pilotlogic Software House. Software House yang dikomandani Mr Sternas ini memang termasuk konsisten dalam merilis produk freeware mereka. Suatu kerja yang sangat berat dan hebat.

Mungkin sebagian pembaca masih banyak yang belum tahu, apa itu Code Typhon, dan kenapa saya bahas pada blog lazarus tercinta kita ini.
Secara ringkas, saya kutip penjelasan dari situs resmi Code Typhon , berikut ini:
Code Typhon adalah Studio Pemrograman Visual Pascal – seperti Delphi – namun gratis. Yang ditujukan untuk pembuatan aplikasi Native Cross-Platform, dengan kemampuan Multi OS, Multi CPU, dan Cross-Build.
Code Typhon adalah paket yang terdiri atas Lazarus + Freepascal + Tools, paket komponen-komponen gratis, dan pustaka-pustaka gratis, dan ini semua disertai dengan kode sumber penuh dan contoh.
Code Typhon didistribusikan secara gratis sepenuhnya bagi Anda, baik untuk dipakai sendiri atau dibagikan…

Dari cuplikan penjelasan di atas, dengan Code Typhon memungkinkan bagi kita untuk membuat aplikasi yang:
-          Native. Native (yang dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan: alami) disini bermakna, bahwa hasil kompilasi adalah file binary/executable yang langsung bisa dijalankan oleh sistem operasi atau yang tidak membutuhkan “penerjemah” atau virtual machine  seperti halnya hasil kompilasi Java – yang disebut java bytecode – yang membutuhkan JRE untuk bisa dijalankan sistem operasi.  

-          Cross Platform, bermakna bahwa dari satu kode sumber, memungkinkan dikompilasi untuk berbagai lingkungan. Misalkan jika Anda menuliskan kode sumber dalam lingkungan Windows, maka kode sumber tersebut dapat dikompilasi langsung di linux dan tanpa perubahan apapun (tentunya apabila program Anda tidak mengakses library yang spesifik untuk windows, misalnya Windows API)

-          Multi OS,  ini adalah perincian dari sifat Cross Platform. Artinya memungkinkan untuk dikompilasi untuk berbagai sistem operasi

-          Multi CPU, artinya memungkinkan untuk kode sumber dikompilasi untuk target spesifik processor yang berbeda-beda

-          Cross Build, artinya memungkinkan untuk kode sumber dikompilasi dengan target sistem operasi yang berbeda dengan sistem operasi compiler.  Jadi misalkan dalam proses development Anda menggunakan Windows, Anda dapat mengkompilasi kode sumber langsung (saat di Windows) menghasilkan output binary untuk sistem operasi linux  

Satu hal yang sangat menjadi ganjalan ketika hendak bekerja dengan Lazarus adalah bahwa package hanya bersifat static linking, dengan demikian setiap menginstall komponen maka kita harus me-rebuild  Lazarus. Hal ini lah yang boleh jadi membuat developer Delphi tidak mudah beralih ke Lazarus.  Ketidak nyamanan ini boleh jadi membuat mereka mengesampingkan seabreg kelebihan Lazarus dengan kemampuan cross compilingnya.  

Memang, dengan Lazarus memungkinkan pascal developer untuk membuat aplikasi  dengan target sistem operasi yang berbeda-beda, namun sayangnya, paket-paket compiler ini terpisah,  karena paket-paket ini dibuat oleh berbagai komunitas developer yang berbeda  dan mesti diinstall sendiri. Dan tentu saja, versi Lazarus terus berkembang, dan versi paket-paket compiler ini demikian pula, maka selain harus diinstall secara terpisah, user masih diharuskan untuk mencek kesesuaian versi Lazarus terhadap paket-paket ini, dan ini semua tentu mimpi buruk bagi programmer drag ‘n drop atau developer aplikasi dengan jam terbang rendah.

Nah, Code Typhon mempaket Lazarus dengan banyak komponen eksternal. Banyak  komponen-komponen terkenal dalam situs resmi Lazarus dipaketkan di Code Typhon Lazarus ini. Komponen yang terinstall dalam Code Typhon ini telah dipastikan kompatibel dengan versi  Lazarus / FPC nya. Lebih jauh lagi, komponen-komponen yang terinstall dalam Code Typhon, dipastikan bersifat freeware tanpa syarat.  Jika ada komunitas developer komponen yang terinstall dalam Lazarus Code Typhon ini merubah lisensinya, misalkan dari free menjadi berbayar, maka bisa dipastikan pada versi Code  Typhon berikutnya, komponen ini ‘dibuang’, seperti yang terjadi pada komponen game Zen GL, pada Code Typhon versi 2.50 tim Pilotlogic memasukkan pada paketannya, namun pada Code Typhon versi 2.60 komponen ini di-­remove karena merubah ketentuan lisensinya. 



Komponen yang dipaketkan dalam Lazarus Code Typhon, menurut hemat saya sudah sangat mencukupi bagi kita semua untuk bisa langsung menangani suatu project tanpa tambahan komponen dari luar lagi. Berikut ini sebagian kategori komponen yang terpaket dalam Code Typhon:

Visual Control
Standard, Additional, Common Controls, AggPas, Laz Control, Visual PlanIt, ExtraControl, BGRA Controls, Cindy Visual, Kcontrols, Orpheus, JVCL, RX, RichView

Chart
Chart

Database
SQLdb,  Zeos Access, UIB, ZMS, 

Report
LazReport, Fortres Repor, 

Web
fpWeb

Jaringan
INet,Indy, Synapse

Enkripsi
DCP Ciphers, DCP Hashes

Web Server
FreeSpider 

GIS
GeoGIS

Multimedia
ASIO, ACS, Win MIDI

Game Engine
Castle, OpenGL, GLScene, LAVA, PAPPE, APE, AsphyreSphinx

PDF
PowerPdf

Instrumentasi Elektronika
OpenWire, Pascal SCADA

Scripting Editor
TitanScripter, Pascal Script, SynEdit

Adapun platform cross building yang dipaket dalam Code Typhon yaitu:
arm-wince, arm-android, arm-linux, arm-embedded, arm-gba, arm-nds, armeb-linux, i386-android, i386-freebsd, i386-haiku, i386-linux, i386-solaris, powerpc-wii, powerpc-linux, powerpc64-linux, sparc-linux, sparc-solaris, x86_64-linux, x86_64-freebsd, x86_64-win64.



Dengan demikian, atas anugerah yang demikian hebatnya, maka seyogyanya developer visual pascal yang masih bergantung pada IDE visual berbasis objek pascal propietary – sementara  tidak mampu untuk mendapatkannya secara legal – mencoba beralih ke Code Typhon Lazarus :)

25 komentar:

  1. aiiiiiiiiiiiih
    kereeeeeeeen
    om mamba,donlod nya ke situs lazarusnya?

    BalasHapus
  2. ke situs pilotlogic.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wowowow
      limaratus MB
      sambil tunggu sahur aaah
      :ngacir
      makasih om :D

      Hapus
  3. yo... ikut nyicipin ah.. :-)

    BalasHapus
  4. Ada versi untuk Delphi gak bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Versi untuk delphi? :) maksud Anda gimana?

      Hapus
  5. Target buildnya bisa untuk iOS gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Rivalina: kalau dalam lazarus yang dipaket code typhon, sptnya memang tidak ada. Tapi sebenarnya lazarus sudah mendukung target build IOS. Coba cek di http://wiki.freepascal.org/iPhone/iPod_development, entahlah kenapa code typhon tidak mempaket IOS. nanti coba saya tanyakan ke Mr Sternas

      Hapus
  6. Anonim08:49

    Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Mas .... bisa bikin artikel panduan instalasi-nya untuk tiap2 OS ?... ane gagal mlulu instalnya...

    BalasHapus
  8. Anonim23:39

    sama .. gagal .. :(

    BalasHapus
  9. instalasi code typhon? pake windows ajalah biar gampang. pengalaman, ada beberapa komponen yang tidak stabil di linux namun stabil di windows.

    namun ada berita menarik di facebook, pernah ada seorang anggota komunitas delphi menulis buku pembuatan aplikasi android dengan lazarus. sepertinya dia telah berhasil 'ngoprek' hal menjanjikan yang sulit diwujudkan tersebut. silahkan merujuk pada link penulisnya:
    http://saptaji.com/2012/12/17/membuat-aplikasi-android-dari-delphi-lazarus-free-pascal-jawabannya/

    tulisan ini dibuat saat bukunya belum diterbitkan. sekarang sudah. selamat belajar lazarus. tetap semangat.

    BalasHapus
  10. Anonim04:03

    @Abdellah Dev: terima kasih linknya.
    satu ganjalan yang belum terpecahkan: ukuran file eksekusinya guede!!! dipack malah corrupt. ada pencerahan? :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. dah ada tuh, coba cari di blog ini, bagaimana mengecilkan file lazarus, sekaligus koment2nya dibaca ya?

      Hapus
  11. dipack? untuk apa? link yang mana? mohon cek versi terbaru di pilotlogic.com, ini versi lama, versi terbaru (4.20) sudah keluar. Dan setelah versi 4.20, Code Typhon akan berganti IDE. Cek di forum nya.

    BalasHapus
  12. klo interface ke port serial (exp:delphi7 comport) ada komponenx ga mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga jdi tanya mas, ternyata bisa.. thanks infonya..

      Hapus
    2. ada tuh di TComport for lazarus di source forge. cek google aja

      Hapus
  13. untuk sekarang codetyphon yang versi lama sudah tidak ada.... :(

    saya sudah download yang versi terbaru tapi IDE nya gak paham... agan" disini ada yang tahu cara merubah IDE nya biar sama seperti Lazarus..?? thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. code typhon itu semacam tools untuk menginstall lazarus versi code typhon. kapan2 kalo sempat saya buatkan tutorialnya. sekarang lagi repot. maaf. tapi kalo mau cari di webnya sendiri, mestinya ada tuh step by step code typhon.

      Hapus
  14. Kalau untuk win7 pakai typhon yg mana ya?

    BalasHapus
  15. Kak, code typhon ini ada e-booknya nggak ya? Soalnya aku di kampus baru aja diajarin ini tapi clueless banget soalnya dosennya ngajarin langsung coding-coding gitu sama bikin tabel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sin sama shin T_T bagi ebooknya kaak :')

      Hapus
    2. Thanks Agan Abdellah, lebih baik lagi kalo ada ebooknya biar bisa belajar lebih baik lagi.. :D

      Hapus

# semua file unduhan pada blog ini dikompress menggunakan zip, 7-zip 32bit, atau 7-zip 64bit